Sabtu, 02 Mei 2009

Samurai Sejati 7 - Praktik, praktik, praktik

Musashi berulang kali berkata kepada murid-murid "dojo"nya, "praktik, praktik, praktik". Kamu akan tahu, mengerti, bisa dan mahir - hanya dengan praktik terus. Kamu tidak bisa belajar dari buku, teori semata. Bukan guru yang mengujimu, tapi lawan. Pelajaran yang dapat diambil sangat jelas. Kita semua belajar sesuatu tentu bukan untuk sekedar "lulus ujian" di kelas. Tetapi untuk diterapkan di dunia nyata. Dan, kuncinya adalah KETEKUNAN PRAKTIK.

Malcolm Goldwell dalam bukunya "OULINERS" (yang sedang populer di toko buku) mengatakan, kalau Anda melatih satu keterampilan selama 10 ribu jam, maka Anda akan jadi Master dalam hal itu. Dia mencontohkan the Beatles, untuk menjadi top dunia, bermain musik di bar, café lokal sebanyak-banyaknya, dengan target "mahir". Tentu kita familier dengan istilah "jam terbang" untuk pilot. Dengan 10 ribu jam terbang pasti sudah bisa menerbangkan pesawat badan lebar.Episode duel Musashi vs Kojiro (lihat posting Pak Kresno) menambahkan, selain unsur KETEKUNAN PRAKTIK, juga kemampuan MENGENDALIKAN EGO sendiri. Kejeniusan Kojiro bisa dikalahkan oleh ketekunan Musashi, yang intinya kemampuan "mengendalikan diri", kesabaran dalam kurun waktu.Ini mengingatkan pada cerita anak-anak "balapan Kura-kura vs Kelinci". Yang satu lambat tapi persistence, yang kedua cepat tapi jumawa. Seperti kita duga dimenangkan si Kura-kura, karena Kelinci terlena dan tidur lelap.

Spirit atau filosofi KETEKUNAN itu juga yang mendasari konsep Continuous Process Improvement (CPI) sebagai salah satu kaki dari Total Quality Management (TQM) yang jadi fondasi kejayaan manufaktur Jepang yang mengalahkan barat.Pesan-pesan tersebut cukup jelas. Menjadi pelajaran bagi saya sendiri. Mudah-mudahan begitu pula untuk Anda. Pertama, perbanyak latihan dan praktik. Ingat akronim LUPA (latih, ulang, praktik, asosiasikan diri sebagai yang mahir). Kedua, sanggup mengalahkan EGO sendiri, untuk mengalahkan pesaing. Begicu? (Risfan Munir, Medan, April 209)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar